Pentingnya Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat Dalam Penanganan Covid

Pentingnya Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat Dalam Penanganan Covid

Pertanian lokal dan lumbung pangan di tiap wilayah harus dihidupkan kembali untuk membangun nasionalisme. Selain itu, pemerintah juga dianggap perlu untuk memetakan potensi-potensi pertanian yang ada, melakukan stabilisasi harga pangan, melakukan konsolidasi terkait lahan pertanian, dan juga membuat regulasi-regulasi yang berkaitan dengan permasalahan pangan yang ada. Ketahanan pangan sendiri memiliki dua kata kunci penting yaitu ketersediaan pangan yang cukup dan merata serta akses penduduk terhadap pangan, baik secara fisik maupun ekonomi.

Misalkan saat rapat, presentasi tugas, makan bersama atau hanya sekedar berbagi cerita. Namun, dikondisi seperti ini kita harus menghindari kerumunan serta menjaga jarak minimal 1,5 meter dari orang lain. Aturan ini juga berlaku apa bila kita sedang rapat atau mengantri, kita disilahkan untuk menduduki kursi yang telah disediakan dan telah diatur jaraknya, kita dilarang untuk menduduki kursi yang memiliki tanda silang atau X. Bahkan saat Tembak Ikan Terpercaya dilift, kita juga harus berdiri tanda yang telah ada dengan posisi saling membelakangi. Pemerintah dari berbagai lini terus mengupayakan dengan serius dalam menangani wabah, mulai dari membuat himbauan tegas terkait protokol kesehatan diberbagai sektor hingga upaya-upaya untuk tetap menstabilkan perekonomian masyarakat Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, dengan adanya kondisi seperti ini banyak sekali masyarakat yang terdampak ekonominya.

Selepas itu, tim akan mengarahkan pengunjung untuk cuci tangan serta menghimbau agar selalu menggunakan masker dan melakukan sosial distance. Penulis pun memberikan rekomendasi pola asuh anak usia dini yang tepat selama orang tua bekerja dari rumah, selama masih pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat . Beberapa pemerintah daerah telah mengeluarkan kebijakan tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona lebih luas.

Berubahnya kebiasaan dari kelas tradisional menjadi kelas maya memang bukan hal yang mudah untuk dijalani bagi siswa dan guru. Namun fleksibilitas dalam memilih instrumen yang tepat dapat membantu mempermudah penilaian pembelajaran yang harus dilakukan guru. Guru juga harus memberikan umpan balik terhadap hasil evaluasi yang dilakukannya sehingga siswa mendapatkan informasi kelebihan yang sudah diperolehnya dan kekurangan-kekurangan yang harus diperbaikinya. Proyek yang dikerjakan oleh siswa/peserta didik merupakan pekerjaan nyata yang sesuai dengan kenyataan di lapangan kerja atau di masyarakat. Proyek yang dikerjakan bukan dalam bentuk simulasi atau imitasi, melainkan pekerjaan atau permasalahan yang benar-benar nyata. Pembelajaran berbasis proyek terjadi proses investigasi yang dilakukan oleh siswa/peserta didik untuk merumuskan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek.

Bekerja dalam masa Covid

Platform yang berfokus pada pengembangan tim secara on-line yakni Miro mengungkapkan bahwa pihak manajemen dapat membantu pekerja dalam membangun ikatan di antara rekan kerja lewat permainan dari rumah masing-masing. Salah satu contohnya yakni dengan permainan menebak kota kelahiran rekan tertentu, atau menuliskan impian-impian mereka. Menginformasikan pekerja tentang hak mereka untuk menyingkir dari situasi kerja yang menimbulkan bahaya serius bagi kehidupan atau kesehatan, sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan segera memberi tahu atasan langsung terkait situasi tersebut. Pemerintah menghimbau semua perusahaan dan pelaku usaha untuk menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan atau area kerja masing-masing, agar tetap produktif sehingga aktivitas ekonomi dapat berjalan aman dan sehat. Dalam PP 50 Tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dijelaskan bahwa K3 merupakan segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Apalagi bagi Pins yang bekerja di kota-kota besar, kemacetan seakan sudah menjadi makanan sehari-hari. Macet tidak hanya membuat stress sekaligus menyita waktu, tapi juga menekan dan mengancam kesehatan mental kita. Bayangin deh, kalau setiap hari sudah lelah berkendara dan bertransportasi menuju kantor, bekerja pun rasanya agak tidak konsentrasi ya.

Dalam pembelajaran secara daring, tugas dapat berfungsi sebagai sumber nilai utama bagi siswa alih-alih ujian. Menurut Praptono , kurangnya persiapan guru dalam menghadapi sistem pembelajaran daring menjadi salah satu faktor hambatan dalam pembelajaran di rumah. Namun, ia mengakui hal ini bisa menjadi peluang bagi guru untuk mengembangkan diri. Dikatakan Praptono, ini suatu hal yang mendadak di mana guru dipaksa melakukan pembelajaran online yang sebelumnya tidak pernah dipersiapkan oleh guru. “Ini menjadi peluang bahwa masa pandemik Covid-19 menjadi momen bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang selama ini diharapkan,” tukas Praptono.

Orang tua sebaiknya melaporkan perkembangan anaknya selama belajar di rumah agar guru dapat mengantisipasi langkah pembelajaran selanjutnya. Guru harus memahami bahwa pola pembelajaran daring merupakan bagian dari semua pembelajaran meskipun hanya sebagai komplemen tidak hanya di masa pembelajaran di rumah seperti saat ini tetapi juga untuk di dalam keaadaan regular. Memang pemberlakuan sistem belajar daring yang mendadak membuat sebagian besar pendidik kaget. Ke depan, harus ada kebijakan perubahan sistem untuk pemberlakuan pembelajaran daring dalam setiap mata pelajaran. Guru harus sudah menerapkan pembelajaran berbasis teknologi sesuai kapasitas dan ketersediaan teknologi. Inisiatif kementerian menyiapkan portal pembelajaran daring Rumah Belajar patut didukung meskipun urusan daring saat covid 19 yang memaksa siswa dan guru menjalankan aktifitas di rumah tetap perlu dukungan penyedia layanan daring yang ada di Indoesia.

Comments are closed.