Kiat Terus Bertahan Selama Masih Harus Bekerja Dari Rumah Saat Pandemi Corona

Kiat Terus Bertahan Selama Masih Harus Bekerja Dari Rumah Saat Pandemi Corona

Bentuk pendidikan di lingkungan keluarga lebih bermakna dari kondisi bermakna sebelumnya karena setiap anggota inti keluarga dapat memediasi kebutuhan belajar dan interaksi private, intrapersonal dan interpersonal lebih terwujud dalam suasana pendidikan keluarga. Aplikasi pembelajaran digital menjadi ruang belajar baru bagi para tenaga pengajar yang menjadikan mereka lebih maksimal menguasai gaya komunikasi dan interaksi berbasis media. Pengakuan mereka juga dipublikasikan melalui media sosial terkait kerinduan ingin bertemu langsung dengan para peserta didik di ruang pembelajaran. Siswa sebagai objek sekaligus subjek dalam pembelajaran daring menjadi bagian yang sangat penting untuk keberhasilan dalam penerapan metode pembelajaran berbasis proyek harus. Untuk itu guru harus sudah dipastikan bahwa sudah memiliki keterampilan dan pengetahuan teknologi komunikasi sebagai persyaratan minimal yang diperlukan dalam pembelajaran daring. Dalam pembelajaran daring maka guru harus memastikan terlebih dahulu apakah semua perangkat yang dibutuhkan untuk terlaksananya pembelajaran daring telah terpenuhi, apakah siswanya sudah memahami penggunaan aplikasi atau media pembelajaran yang diperlukan.

Berdasarkan pengamatan tersebut, siswa mengidentifikasi masalah dan merumuskan masalah. Pembelajaran berbasis proyek, siswa/peserta didik diberi kebebasan atau otonomi untuk menentukan target sendiri dan bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan. Guru berperan sebagai motivator dan fasilitator untuk mendukung keberhasilan siswa/peserta didik dalam belajar. Perilaku sosial lainnya juga berkembang, seperti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan keseimbangan antara kerja dengan kehidupan sosial dan keluarga akan menjadi kebiasaan baru. Yang pasti mereka akan membutuhkan penyesuaian perilaku bahkan kalaupun mereka mendapatkan kembali pekerjaan mereka dan beraktivitas seperti biasa. Selama bekerja mereka harus tetap patuh dan menjalankan perilaku sesuai protokol Kesehatan.

Penderita umumnya mulai mengalami gejala dalam masa sekitar 4- 6 hari sejak terjangkit. Beberapa negara masih melakukan antisipasi agar wabah tersebut tidak menyebar semakin luas. Saat ini Italia dan Amerika Serikat masih menduduki jumlah pengidap virus Covid-19 paling banyak di Dunia.

Bekerja dalam masa Covid

“Perjalanan dinas dalam negeri agar dilakukan secara selektif dan sesuai tingkat prioritas dan urgensi yang harus dilaksanakan. Seluruh perjalanan dinas ke luar negeri agar ditunda pelaksanaanya,” tegasnya. [newline]Menurut Menteri Kominfo, pihaknya melakukan monitoring kualitas layanan agar bisa mendukung aktivitas warga terdampak pandemi Covid-19. “”Kami memonitor hingga sekarang ada peningkatan penggunaan suara dan data internet sekitar 5% sampai 10%. Traffic masih lebih rendah dibandingkan saat bulan Ramadan tahun 2019,” katanya.

Bantuan juga diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, atau progam bantuan produktif usaha mikro. Disituasi wabah seperti sekarang ini mencari pekerjaan menjadi sulit sebab pemerintah menganjurkan para pekerja untuk bekerja dari rumah atau work from home . Pembatasan aktivitas di luar rumah dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona yang terus meningkat. Menurut laman situs WHO, penyebaran virus corona yang utama adalah melaluidropletatau percikan air ludah dari penderita Covid-19.

Pekerjaan proyek yang dilakukan oleh siswa/peserta didik bersumber pada pertanyaan atau persoalan yang menuntun siswa/peserta didik untuk menemukan konsep mengenai bidang tertentu. Dalam hal ini aktivitas bekerja menjadi motivasi eksternal yang dapat membangkitkan motivasi inside Kong Slot pada diri siswa/peserta didik untuk membangun kemandirian dalam menyelesaikan tugas. Penilaian, penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil proyek yang dikerjakan siswa/peserta didik.

Komitmen mengajar ditunjukkan dengan aktivitas berbasis digital, mereka melakukan pembelajaran dengan tetap melakukan persiapan, melaksanakan pembelajaran dan menyelesaiakan evaluasi sesuai kondisi pandemi. Komentar terkait kendala interaksi antara tenaga pengajar dan peserta didik mendominasi kolom obrolan dan diselesaikan dengan mengakomodir saran dan kritik tanpa banyak membebani setiap unsur sehingga tetap dapat tercipta kondisi belajar. Respon pro-kontra terhadap bentuk pembelajaran “daring” ditemukan dalam varian komentar beberapa unsur, yaitu; siswa-mahasiswa, para orang tua dan guru-dosen pada ruang obrolan di berbagai media sosial . Komentar setiap unsur tersebut memiliki pesan kuat yang mewakili pendapat mereka dalam menyikapi aktivitas belajar berbasis sistem pembelajaran daring selama masa pandemi. Disamping komponen guru, siswa dan perangkat pembelajaran daring, yang tidak kalah pentingnya dalam keberhasilan pembelajaran daring adalah peran orang tua di rumah sangat dibutuhkan.

Dia menjelaskan bagaimana berbagai pembangunan kini telah beralih dan dilakukan oleh generasi muda, yang menjadikan Indonesia kini terus berkembang. “Berbagai industri di berbagai daerah seperti Morowali Industrial Park, itu semua isinya anak-anak muda yang berkarya,” jelasnya. Maka dari itu Niken pun merasa keberatan atas kebijakan kantornya yang belum menerapkan kebijakan work from home. Sejatinya pekerjaannya bisa dilakukan dari rumah dan meeting dapat dilakukan secara virtual.

Comments are closed.