Itagi Dan Komnas Kipi Kompak, Vaksinasi Untuk Lansia Aman

Itagi Dan Komnas Kipi Kompak, Vaksinasi Untuk Lansia Aman

“Hal yang perlu dipertimbangkan terkait vaksinasi pada lansia adalah terjadinya immunosenescence atau disfungsi imunitas karena usia. Hal ini berhubungan dengan respon terhadap vaksin yang kurang maksimal,” ungkapnya dalam pernyataan Entrasol yang diterima CNNIndonesia.com. Namun sekarang bapak, ibu, kakek, nenek, dan anggota keluarga kita yang sudah berumur lanjut, bisa mengikuti program vaksinasi. Kementerian Kesehatan justru melakukan perubahan alur vaksinasi seiring dengan program vaksinasi Covid-19 untuk lansia umur 50 tahun ke atas. Singapura mengawali vaksinasi untuk lansia di atas 70 tahun pada 27 Januari 2021 di wilayah dengan populasi lansia yang cukup tinggi, yakni distrik Ang Mong Kio dan Tanjong Pagat. Warga lansia hanya membutuhkan waktu sejam agar bisa menuntaskan proses vaksinasi.

Vaksinasi bagi Lansia

Vaksinasi untuk goal kelompok ini akan dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia. Namun dalam fase awal diprioritaskan dahulu untuk Jawa dan Bali dimana lebih dari sixty five persen kasus Covid-19 nasional tercatat. Nantinya, tim vaksinasi cellular akan dikirim ke panti jompo atau pusat perawatan lansia untuk menawarkan booster–Pfizer/BioNTech atau Moderna–sebagai booster vaksin. Bahkan, para dokter yang bertugas juga akan memerhatikan kepatutan target sasaran yang lolos mendapatkan booster vaksin. Gus Muhaimin menegaskan, syarat mengikuti vaksinasi mesti disederhanakan agar memudahkan masyarakat adat dan kelompok rentan mengakses vaksin.

Usai meninjau, Muhadjir mengatakan, pelaksanaan vaksinasi lansia telah berjalan dengan baik. Menurut Dokter Wilda dari Puskesmas Pondok Cabe, vaksinasi yang menyasar masyarakat lanjut usia merupakan gelombang kedua sebagai rujukan prioritas pemerintah dalam penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Ia menambahkan bahwa Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan segera membuka pendaftaran bagi lansia umum sehingga masyarakat Tangerang Selatan dapat mendaftar secara mandiri.

Selain survei tersebut, Balitbangkes Kemenkes juga melakukan kajian cepat keefektifan vaksinasi Sinovac terhadap infeksi Covid-19 baik perawatan maupun kematian. Hasil kajian menyatakan pemberian dosis lengkap vaksin Sinovac 98% efektif mencegah risiko kematian dan perawatan. “Kita bikin sentra-sentra vaksinasi dan mendorong kerja sama–kerja sama dengan institusi yang bisa akses ke lansia seperti organisasi masyarakat keagamaan,” tuturnya. Di samping itu, persoalan keterbatasan pasokan vaksin makin membatasi masyarakat untuk divaksinasi.

Demi meningkatkan minat warga melakukan vaksinasi, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo terus melakukan berbagai upaya, terutama untuk menjaring penerima vaksin Covid-19 dari kalangan lansia. Banda Aceh membuat kegiatan Gebyar Vaksinasi Lansia untuk mempercepat cakupan vaksinasi COVID-19 pada orang lanjut usia di sana. Calon penerima vaksin COVID-19 akan menerima SMS untuk menjalani vaksinasi dari pemerintah melalui nomor PEDULI COVID.

Tetapi ada sebagian dari penyintas yang masih merasakan gejala sampai berbulan-bulan setelah pulih. Peserta Lansia dapat mendaftar dengan mengunjungi web site Kementerian Kesehatan yaitu dan website Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di covid19.go.id.

Dengan vaksin ini, Anda bisa mencegah pneumonia (infeksi paru-paru), meningitis , dan sepsis . Virus ini bisa bertambah kuat seiring dengan kekebalan tubuh lansia yang melemah. Komplikasi yang paling umum terhadap penyakit ini adalah neuralgia postherpetik, Link Kong4D yang menyebabkan nyeri kronis selama berbulan-bulan setelah herpes zoster akut. Setelah tim medis menyuntikkan vaksin ke dalam tubuh, vaksin akan bekerja meniru terjadinya infeksi penyakit itu untuk memicu sistem imun tubuh membangun perlawanan terhadapnya.

Comments are closed.