Hadapi Pandemi Dengan Nilai Pancasila

Hadapi Pandemi Dengan Nilai Pancasila

Dipandemi seperti ini, kita harus waspada dan berhati-hati jika kita harus menyentuh atau menggunakan barang tersebut. Karena kita tidak tahu, orang sebelum kita yang menggunakan fasilitas kantor tangannya bersih atau tidak. Jadi, masing-masing dari kita sebisa mungkin untuk tidak menyentuh langsung barang-barang jika memang tidak memiliki keperluan. Kita juga bisa menggunakan perantara seperti tisu, kertas atau kain untuk menyentuh barang-barang. Jangan lupa, untuk cuci tangan atau menggunakan handsanitizer setelah menyentuh barang-barang.

Ditambah lagi, masa pandemi COVID-19 yang belum pasti akan berakhir kapan memiliki dampak yang sangat terasa di bidang pertanian. Survei seperti ini biasa dilakukan perusahaan yang ingin mengetahui opini masyarakat terhadap produk mereka. Bisa dibilang mengisi survei online adalah cara paling cepat dan paling mudah karena kamu tidak harus memiliki keterampilan khusus. Dari setiap submit dan story yang di upload, perusahaan akan membayar sesuai dengan perjanjian. Murah atau mahalnya bayaran tergantung seberapa besar viewers atau follower yang kamu miliki di Instagram.

Bekerja dalam masa Covid

International Labour Organization juga telah menetapkan Panduan Pencegahan dan Mitigasi Penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja yang dapat dijadikan panduan tindakan praktis untuk mengurangi penyebaran pandemi Covid-19 di lingkungan kerja. Setelah hampir satu tahun dunia dilanda pandemi COVID-19, berita tentang keberhasilan uji klinis vaksin virus corona membawa secercah optimisme baru. Masyarakat dan bisnis yang merugi akibat berbagai pembatasan berharap kembalinya kehidupan yang mendekati regular.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui coping stress pada ibu yang bekerja dalam membimbing anak belajar di rumah selama pandemi covid 19. Subjek pada penelitian ini adalah orangtua bekerja yang memiliki anak sekolah pada jenjang pendidikan sekolah dasar atau sederajat yang berjumlah 107 orangtua. Data dianalisis dengan melakukan beberapa Kakek Merah FAFAFA tahap dengan cara membuat pengkategorian dan sub kategori yang sesuai dengan tanggapan responden. Dalam melakukan hal tersebut banyak orangtua yang mengalami stres sehinggga menjadi lebih mudah marah. Ketika mulai stress orangtua melakukan bertbagai cara mengatasinya seperti regreshing, tidur atau membiarkan anak belajar sendiri.

Yuk, ikuti penjelasannya berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghadapi wabah virus corona. Kondisi pandemi Covid-19 juga memaksa para pemangku kebijakan di bidang pendidikan untuk dapat menyesuaikan diri dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penyesuaian ini diwujudkan melalui kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM), dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di luar program studinya. Gerakan massif pembatasan sosial terjadi pada komunitas terkecil hingga pada komunitas terbesar . Setiap individu dituntut untuk menyadari eksistensi peran bagi individu lainnyatetap berjalan dengan rel mandiri yang berpegang pada jargon “mulai dari diri untuk keselamatan bersama”.

Kondisi ini lebih well-liked dengan istilah pembelajaran “daring” yang sebelumnya juga sudah sangat acquainted dan sering dilakukan, namun sebagai alternatif di antara beberapa bentuk pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu, adanya pandemi ini tentu membatasi ruang gerak Anda di ruang publik, namun tubuh tetap memerlukan aktivitas fisik agar tetap bugar dan fit selama bekerja di kantor. Peran orang tua sebagai guru pengganti di rumah menjadi sangat penting untuk memastikan siswa memang mengikuti pembelajaran secara daring dengan disiplin.

Namun, jika suatu saat anak tersebut keluar dari wilayah dengan cakupan tinggi tadi, anak tersebut akan memiliki risiko untuk tertular penyakit karena pada dasarnya ia belum memiliki kekebalan spesifik yang didapat dari imunisasi. [newline]Vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Tentu, apabila seseorang tidak mendapatkan vaksinasi maka ia tidak akan memiliki kekebalan spesifik terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi tersebut. Kekebalan kelompok atau herd Immunity merupakan situasi dimana sebagian besar masyarakat terlindung/kebal terhadap penyakit tertentu. Melalui kekebalan kelompok, akan timbul dampak tidak langsung , yaitu turut terlindunginya kelompok masyarakat yang rentan dan bukan merupakan sasaran vaksinasi. Kondisi tersebut hanya dapat tercapai dengan cakupan vaksinasi yang tinggi dan merata. Sejumlah perawat melakukan sistem shift, yakni dua minggu bekerja, dan dibayar penuh, dan dua minggu libur, dan tidak dibayar sama sekali untuk mengakali neraca keuangan dan efisiensi karena jumlah pasien yang operasi ataupun pasien yang rawat inap berkurang drastis.

“Virtual Career Fair adalah cara JobStreet untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan selama masa pandemi dengan aman dan efisien, di mana para pencari kerja dapat menghadirinya dari kenyamanan rumah mereka masing-masing,” tambah Faridah Lim. Pendataan kelengkapan kerja serta pemenuhan fasilitas kerja juga perlu dilakukan pemerintah segera untuk mendukung keefektifan kerja para ASN ditengah pandemi Covid-19. Membuat anggaran khusus biaya operasional Work From Home mau tidak mau dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung kerja ASN agar tidak semakin terbebani dalam kondisi darurat ini. [newline]Sedangkan menurut ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economy Piter Abdullah mengatakan, sangat disayangkan jika dalam kajian yang dilakukan pemerintah berbuntut pada penundaan pembayaran gaji ke-13 dan pemberian THR. “Ini knowledge berdasarkan pekerja yang sedang bekerja, mereka yang masih memiliki pekerjaan, namun terjadinya pemotongan gaji yang mencapai lebih dari 30%,” ujarnya. “Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat,” tulis diktum kesepuluh poin j.

Comments are closed.