Tak Hanya Lansia, Tiga Kelompok Ini Kini Bisa Mendapat Vaksinasi Covid

Tak Hanya Lansia, Tiga Kelompok Ini Kini Bisa Mendapat Vaksinasi Covid

Hasil uji klinis tersebut juga melaporkan tidak adanya efek samping serius pada penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia. Nadia mengatakan bahwa pihaknya menjamin bahwa pelaksanaan vaksin di fasilitas kesehatan maupun vaksinasi masal yang taat protokol kesehatan. Nadia berharap peserta bersabar menanti informasi yang akan diberikan Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota juga melalui puskesmas/RS setempat untuk pelaksanaan Bandar Slot Online vaksinasi. Pada 17 Februari 2021, Pemerintah telah bersiap memulai vaksinasi tahap kedua. Tahap kedua yang direncanakan berlangsung hingga Mei 2021 ini menyasar petugas publik, seperti tenaga pendidik pedagang pasar, atlet, wartawan, pelaku sektor pariwisata, serta lansia. Jika yang bersangkutan petugas pelayan publik atau lansia bisa koordinasi dengan puskesmas / dinas kesehatan wilayah tempat bekerja.

Dalam kesempatan meninjau pelaksanaan vaksinasi lansia itu, Muhadjir juga berinteraksi dengan aktor dan aktris kawakan yang tengah mengikuti vaksinasi untuk lansia. Mereka di antaranya adalah Anwar Fuady, Meriam Bellina, Christine Hakim, dan produser movie Raam Punjabi. Sekitar 131 ribu dosis vaksin diperlukan untuk memenuhi kuota target ninety persen. Sementara untuk wilayah Kecamatan Banjar, Wali Kota mengunjungi tempat pelaksanaan vaksinasi bagi lansia yang berada di Posyandu Anggrek Dusun Babakan Desa Cibeureum.

Apakah bisa datang langsung ke puskesmas terdekat atau puskesmas tertentu di salatiga yang mengadakan vaksinasi. Menurut Ahyani, sesuai dengan petunjuk teknis pendataan vaksinasi yaitu dilaksanakan secara prime down oleh pemerintah pusat. Namun, untuk saling melengkapi maka perlu pendataan langsung dari masyarakat melalui bandung.kemkes.go.id.

Vaksinasi bagi Lansia

Muliaman Mansyur, dokter sekaligus Head of Medical Kalbe Nutritionals mengatakan bahwa selain screening riwayat penyakit dan kesiapan psikis, tentunya kondisi fisik juga diperlukan dalam persiapan sebelum, selama, dan sesudah vaksin. Dihubungi terpisah, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit UNAIR, Muhammad Miftahussururmengungkapkan istirahat bagi lansia penting untuk mencegah timbulnya infeksi akut mendadak seperti demam, flu, atau kelelahan. Pelaksanaan kegiatan vaksinasi covid-19 untuk lansia di Desa Bandingan berlangsung hari Kamis dan Jum’at tanggal 27 dan 28 mei 2021, bertempat di Aula Rengga Praja Desa Bandingan. Pastikan NIK yang kamu masukkan tidak salah dan sudah terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil , ya. “NU sudah siap membantu sosialisasi vaksin, termasuk kami juga bisa mendampingi, dengan usulan kami bisa ada at some point care companies. Dengan tujuan agar lansia yang divaksinasi bisa selesai dalam satu hari,” ujar dr. Makky Zamzami.

Pemerintah memiliki rencana melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan target vaksinasi 1 juta dosis per hari melalui penyediaan vaksin dan logistik vaksinasi COVID-19 yang memenuhi persyaratan mutu, efikasi dan keamanan. Semua pihak perlu bersinergi dan berkolaborasi untuk dapat mempercepat program vaksinasi nasional sehingga kekebalan kelompok bisa segera tercapai. Setelah peserta mengisi data di web site tersebut maka seluruh information peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan provinsi masing-masing. Selanjutnya akan ditentukan jadwal dan lokasi pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat lanjut usia.

Registrasi vaksinasi di negara kecil berpenduduk sekitar 1,6 juta orang itu dilakukan menggunakan aplikasi mobile. Vaksinasi menggunakan dua jenis vaksin dalam program ini, yakni vaksin buatan Sinopharm dan buatan BioNTech-Pfizer. Negara kecil di Amerika Selatan, Chile juga melakukan vaksinasi massal dengan cepat. Negara dengan populasi sekitar 19 juta orang itu sudah mencapai kuota 19,2 per 100 penduduk. Presiden Sebastian Pinera mendaat suntikan vaksin perdana secara simbolis pertengahan Februari lalu di kota Futrono. Keputusan BPOM terkait vaksin Sinovac untuk kelompok lanjut usia di atas 60 tahun disambut gembira oleh para tenaga kesehatan aktif dalam kelompok ini.

Pasalnya, lansia termasuk kelompok berisiko tinggi yang apabila tertular Virus Corona akan memperburuk kondisi kesehatan mereka. “Kami membuat kebijakan, satu pendamping yang membawa dua lansia akan ikut disuntik vaksin. Karena ada 456 Kabupaten/Kota yang cakupan vaksinasi lansia masih di bawah 25%. Saya kira daerah perlu mencontoh DKI Jakarta, yang camat maupun lurah ikut terlibat untuk memobilisasi lansia,” kata Maxi.

Para Lansia antusias untuk mengikuti suntik vaksin covid-19, karena mereka ingin terbebas dari ketakutan akibat penularan virus covid-19. Untuk lebih memaksimalkan kehadiran para Lansia, diperbantukan juga Armada mobil dari Kecamatan, Polsek, Koramil untuk memobilisasi jemput- antar para lansia yang terjadwal menjalani suntik vaksin covid-19. Nah, setelah menjalani alur registrasi ulang vaksinasi, kamu telah dinyatakan sebagai penerima resmi vaksinasi. Petugas akan memintamu untuk menunggu selama 30 menit di ruang observasi dan diberikan penyuluhan mengenai pencegahan Covid-19 melalui 3M dan vaksinasi. Selain masyarakat Desa Galungan, masyarakat dari Desa Sekumpul pun ikut hadir untuk mendapatkan Vaksin Covid-19. Semua Masyarakat yang sudah hadir sangat antusias dan dengan tenang menunggu giliran untuk mendapatkan penyuntikan vaksin Covid-19 di depan Kantor Perbekel Galungan.

Comments are closed.