Sasaran Peserta Anak Disabilitas Dan Lansia, Vaksinasi Merdeka Polsek Sawangan Digelar Dua Tempat

Sasaran Peserta Anak Disabilitas Dan Lansia, Vaksinasi Merdeka Polsek Sawangan Digelar Dua Tempat

Dan itu mestinya dulu-dulu kalau bisa, tapi ya cuman kan bukti ilmiahnya mungkin belum ada ,” kata Windu kepada DW, Selasa (9/2). Dwijo adalah seorang dokter spesialis psikiatri yang tahun ini akan menginjak usia yang ke-71 tahun. Sampai saat ini ia masih aktif bekerja di Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta, dan aktif pula menjalankan praktek di Smart Kid Clinic yang ia dirikan. BPOM memiliki hak untuk meninjau atau melakukan evaluasi aspek manfaat dan keamanan vaksin berdasarkan bukti terbaru. “Peserta harus menggunakan masker saat menunggu hingga proses vaksinasi selesai dilakukan.

Kami juga memastikan bahwa tidak akan ada kerumunan dan memastikan vaksinator sudah mendapatkan pelatihan,” kata Nadia. Peserta dapat mendaftar dengan mengunjungi web site Kementerian Kesehatan yaitu dan web site Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di covid19.go.id. Disalatiga lansia sdh banyak yg dapat vaksin, tapi saya sampai hari ini belum dapat panggilan untuk vaksin. Oleh karenanya Ahyani mengimbau, kepada keluarga, kerabat, atau pun kewilayahan agar membantu lansia untuk mengisi formulir pendataan secara daring dengan harapan registrasi bisa dilaksanakan dalam waktu satu pekan ini. Terkait upaya menghidupkan industri perfilman nasional, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah berencana akan mengaplikasikan alat deteksi Covid-19 GeNose C19 di bioskop tanah air.

Namun praktiknya, untuk kedua mekanisme ini tidak semua lansia yang tersentuh oleh informasi cara pendaftaran dan jadwal kegiatan vaksinasi. Sementara itu lansia atau keluarga lansia tersebut tidak mengetahui tata cara pendaftaran melalui website dan tidak pernah mendapatkan informasi pelaksanaan vaksinasi dari instansi lain melalui media sosial. Tentu saja pengalaman ini tidak bisa menjadi representasi keseluruhan dari proses sosialisasi kegiatan vaksinasi lansia secara umum. Namun setidaknya pengalaman responden tersebut dapat menjadi refleksi kelemahan mekanisme sosialisasi program vaksinasi lansia. Namun sayang, harapan menuntaskan pemberian vaksin kepada kelompok penduduk lansia sebelum masa mudik lebaran sebagai salah satu langkah preventif melindungi lansia menjadi suatu yang mustahil lagi. Seandainya pelaksaan vaksinasi lansia sesuai dengan jadwal yang tetapkan maka tentunya dapat meminimalisir gejala seandainya para lansia terpapar virus akibat kegiatan arus mudik lebaran yang tak terbendung beberapa waktu yang lalu.

Vaksinasi bagi Lansia

Saat ini, Indonesia juga masih menunggu kedatangan vaksin Astra Zeneca, Pfizer, dan Moderna. Berlin kini mendapat tekanan dari para pakar dan politisi karena dianggap tak mengamankan cukup dosis vaksin virus corona untuk program vaksinasinya. Pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga Windu Purnomo menilai keputusan BPOM memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 bagi lansia sudah tepat. Menurutnya, program vaksinasi yang bertujuan untuk mengendalikan pandemi memang seharusnya memiliki prioritas, apalagi vaksin yang digunakan tidak bisa diperoleh secara serempak. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat vaksin Sinovac buatan Cina saat memulai kampanye vaksinasi massal di Ankara pertengahan Januari silam.

Vaksin flu bisa mencegah flu dengan pemberian vaksin satu kali setiap tahun. Tubuh lansia butuh waktu sekitar dua minggu untuk merespons vaksin dan membangun kekebalan tubuhnya. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Dalam proses menua, berbagai fungsi tubuh menurun dan tak jarang menimbulkan berbagai penyakit kronis, meski tidak semua proses menua bisa menimbulkan penyakit.

Langkah ini diambil pemerintah seiring dengan terbitnya izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan terhadap vaksin Sinovac bagi masyarakat usia lanjut di atas 60 tahun. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan BPOM mengeluarkan izin vaksin untuk bisa diberikan bagi orang dengan usia di atas 60 tahun yang berdasarkan uji klinis ke 3 di negara-negara di luar Indonesia. Berdasarkan keputusan tersebut, Kementerian Kesehatan akan segera melakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun. Berangkat dari temuan tersebut, pemerintah Indonesia telah menyetujui pemberian vaksin Sinovac untuk lansia. Mendaftar on-line Peserta dapat mengunjungi situs resmi Kemenkes , sehatnegeriku.kemkes.go.id, atau situs resmi Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional covid19.go.id. Di dalamnya terdapat daftar tautan yang dapat dipilih sesuai lokasi tinggal.

Sudinkes Pemkot Jakarta Utara sudah mulai melakukan program vaksinasi untuk lanjut usia . Satgas COVID-19 terpaksa harus berkeliling puskesmas untuk mencari stok vaksin COVID-19 yang masih tersisa agar bisa menjalankan vaksinasi kepada orang tua bupati sesuai jadwal yang ditetapkan. Sementara untuk lansia yang sudah menjalani vaksin tahap kedua baru 11 orang atau 0,04 persen dari complete jumlah Slot Online lansia yang siap divaksinasi di daerah tersebut. Ini lantaran cakupan lansia dinilai masih sangat minim jika dibanding petugas publik, sementara lansia juga menjadi sasaran prioritas pada tahap II vaksinasi COVID-19. Hal senada disampaikan Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Hindra Irawan Satari. Dia mengatakan, kesadaran masyarakat lansia cukup baik karena mengetahui masuk dalam kelompok rentan.

Setelah dilakukan Vaksinasi Covid-19 pertama bagi lansia di Desa Jatilor pada tanggal 25 Mei lalu, pada pada hari ini Kamis, 24 Juni 2021 bertempat di Balai Desa Jatilor kembali dilakukan vaksinasi Covid-19 yang kedua bagi Lansia Desa Jatilor. Acara yang digelar oleh Puskesmas Godong I ini mendapat respon positif dari masyarakat desa Jatilor, khususnya bagi Lansia. Acara yang dimulai dari pukul 08.00 ini berjalan dengan lancar dengan menggunakan protokol kesehatan. Tim COVID-19 Luwu Utara juga masih menunggu jadwal pelaksanaan vaksinasi tahap kedua yang berdurasi 14 hari setelah penyuntikan vaksin tahap pertama pekan lalu. Menurut Sri, efek samping kedua vaksin, yakni Sinovac maupun AstraZeneca, cukup ringan. “KIPI pada lansia ini justru sangat-sangat sedikit dibandingkan yang dewasa/muda,” katanya.

Comments are closed.