Eka Putra Wirya Penempa Grand Master Indonesia

Eka Putra Wirya Penempa Grand Master Indonesia

Sepuluh pecatur muda, termasuk Susanto Megaranto, didik dengan intensif dan diikutkan ke berbagai turnamen internasional. Kiprah Eka di dunia catur tanah air dimulai seusai dia menjadi grasp Slot Game Online nasional pada Piala Habibie 1991. Pada 1992, Eka diajak untuk masuk dalam kepengurusan Persatuan Catur Seluruh Indonesia .

Kepala Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Catur seluruh Indonesia Kristianus Liem mengatakan, Indonesia memiliki banyak bibit pecatur profesional. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya turnamen nasional yang diselenggarakan sepanjang tahun. Perjuangan meraih gelar Grandmaster juga sedang ditempuh Gilbert Elroy Tarigan. Pecatur berusia 18 tahun yang menyandang gelar International Master ini memasang goal di usia 20 tahun bisa menjadi Grandmaster. Pecatur berusia 15 tahun itu mengatakan, sudah tertarik dengan catur sejak usia lima tahun karena terinspirasi sang kakak, yang sering juara turnamen catur. Untuk meraih gelar International Master, Elo rating seorang pecatur minimal 2.400 poin.

Sekretaris Panitia Suranto mengatakan, FRC merupakan turnamen terbuka untuk umum dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 40 ribu. Namun, khusus pecatur dengan gelar grandmaster , lady grandmaster , international master , dan woman international master tidak dikenakan biaya pendaftaran. Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat mengatakan, kompetisi catur on-line ini bertujuan untuk mendorong pelajar Indonesia untuk bermain sekaligus belajar strategi melalui permainan catur. “Kami ingin memberikan pengalaman bagi generasi muda Indonesia dalam memanfaatkan teknologi data dan aplikasi terkini untuk sesuatu yang bermanfaat dan menyenangkan. VIVA.co.id – Indosat menggelar kompetisi catur on-line secara simultan terbesar di Indonesia dan dunia, bertajuk IndosatGrand Master Chess Match. Kompetisi ini mempertemukan seorang Woman Grand Master Indonesia berprestasi, Medina Warda Aulia, melawan 650 pecatur muda dari seluruh Indonesia.

Woman Grand Master chess

Beberapa waktu yang lalu, Irene berbicara ke publik mengenai penutupan akun Dewa Kipas ini. Sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan gelar IM ataupun WIM tanpa harus menjalani beberapa turnamen dan mendapatkan hasil yang baik. Sedangkan untuk menjadi WIM juga bisa dengan juara dua pada Turnamen Dunia Perempuan Junior. Bukan hanya itu, di tahun yang sama, Chelsie juga berhasil meraih norma WGM pertamanya di Olimpiade Catur ke-40 yang dihelat di Istanbul, Turki. Bahkan Irene Sukandar, berdasarkan information analisisnya berani menyebut 95 persen, Dewa Kipas melakukan kecurangan.

Ia mengatakan, SCUA punya banyak bibit pecatur potensial yang bisa menjadi Grandmaster. Seorang pecatur, menurutnya, tak bisa hanya mengandalkan teori dari pelatih untuk bisa jadi pecatur profesional. Sebab, mana mungkin meraih prestasi puncak dengan latihan seminggu sekali,” ujarnya.

Selain harapannya bisa meningkatkan elo rating Grand Master muda, Utut juga berharap ajang ini menjadi latih tanding GM Susanto Megaranto dan WGM Media Warda Aulia untuk persiapan di kejuaraan Dunia Catur 2019. Japfa bersama partnernya PB Percasi bakal menghadirkan sejumlah pecatur bergelar GM , baik dari dalam maupun luar negeri. JAPFA Grand Master dan Women Grand Master Tournament (GM & WGM Tournament) bakal digelar di Hotel Grand Inna Garuda Yogyakarta tanggal Juni 2019.

Sehingga, banyak pecatur yang mulai mencari pekerjaan lain yang diharapkan bisa lebih memberikan jaminan. Tapi nyatanya ada olahraga yang tak bisa mengeluarkan keringat, salah satunya catur. Selain itu, catur juga dilakukan dengan duduk dan bisa dibilang jauh berbeda dengan olahraga lain pada umumnya.

Comments are closed.