7 Cara Cerdas Untuk Mendapatkan Uang Tambahan Selama Pandemi Corona

Akan lebih bijaksana menyimpan uang dan berhemat, dibandingkan membeli, misalnya smartphone terbaru walaupun Anda telah mempersiapkan dana untuk keinginan ini. Sebagian lainnya sudah mulai memikirkan menambah penghasilan dengan melakukan kegiatan lain. Bu Wati yang bekerja di pabrik garmen, misalnya, berencana mencari pekerjaan sambilan di penjahit rumahan untuk mengisi waktu luangnya yang sekarang sangat banyak. Namun, niat hanya tinggal niat karena Bu Wati mengetahui saat ini penjahit rumahan pun sedang sepi pesanan. Berbeda dengan dua kasus tersebut, Pak Endi, seorang pengusaha penyewaan peralatan pesta, tetap menggaji karyawannya sebesar 50% dari gaji utuh mereka meskipun usahanya terhenti sama sekali. Menurut Pak Endi, orang yang mempunyai keahlian memasang tenda dan mendekorasi pesta pernikahan sangat sedikit, maka ia tetap menggaji karyawannya agar mereka tidak mencari pekerjaan lain.

Anda bisa menawarkan jasa pengembangan web dan penyediaan kontennya untuk mendapat uang tambahan. Selain itu, bisnis e-commerce juga menjadi kebutuhan utama publik dalam bertransaksi pada masa pandemi, mengingat jual-beli online marak dilakukan untuk meminimalisir kontak fisik. Transaksi jual-beli online ini juga turut mengerek aktivitas bisnis di sektor jasa pengiriman barang. Di sisi lain, masa pandemi corona juga memberikan peluang bagi sejumlah jenis bisnis. Aktivitas perekonomian berbasis teknologi informasi atau daring dinilai memainkan peranan penting dalam kondisi pandemi maupun setelahnya. Berbeda dengan reseller yang membeli produk langsung ke produsen atau provider, sedangkan dropship hanya perlu mencari supplier dan menjual produk mereka tanpa perlu menyetok barang.

Pada akhirnya, pelaku bisnis UKM harus memutar otak untuk menjaga kondisi perusahaannya agar tetap prima, tanpa perlu saling bertatap muka dan khawatir tertular Virus Corona. Untuk mengatasi persoalan ini, pelaku bisnis bisa menjalankan sejumlah strategi agar bisnis tetap berjalan lancar di tengah ancaman resesi ekonomi akibat Corona. Menjalankan bisnis UKM saat perekonomian Indonesia terdampak Virus Corona sangat sulit. Bahkan beberapa sektor usaha hampir mengalami kelumpuhan yang ujung-ujungnya mempengaruhi perekonomian negara dan menyebabkan perlambatan aktivitas ekonomi secara world.

Saat ingin memulainya, pastikan kamu sudah memahami konsep marketing secara baik. Mulai dari mempelajari behaviour buyer, information buyer dan sebagainya. Pastikan kamu terus mencari tahu perkembangan tren terkini agar tetap dapat menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan pasar sehingga para klienmu merasa puas atas solusi dan eksekusi yang diberikan. Kebutuhan teknologi yang semakin meningkat membuat software program engineer alias pendesain software program banyak dicari. Dengan kemampuan koding yang baik, kalian bisa membuat software untuk berbagai perusahaan dengan bayaran tinggi. Namun yang menggunakan ini biasanya mereka-mereka yang bekerja di industri pendidikan informal, misal tempat les bahasa Inggris atau les matematika.

Belum lagi, energi sudah cukup terkuras setelah beraktivitas seharian. Tapi, jika kamu bersungguh-sungguh untuk mendapat penghasilan tambahan, maka kamu pasti bisa berusaha sebaik mungkin dalam melakukannya. Ia melanjutkan, akhirnya Fikin berpikir bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia pun aktif mencari peluang usaha yang dapat dijalankan dengan cara berjualan dan usaha yang dilakukannya pun membuahkan hasil untuk menambah penghasilan guna menyambung kebutuhan hidupnya. Jenis pekerjaan ini membantu kamu memiliki jadwal kerja yang fleksibel dan bekerja di mana pun kamu inginkan. Kamu dapat menjadi guru bahasa Inggris lepas, atau kamu dapat bekerja paruh waktu di perusahaan on-line.

Maka dari itu, media sosial sangat menjanjikan untuk menjadi alternatif menjalankan bisnis online karena diakses oleh jutaan orang setiap harinya. Selain berjualan takjil, berjualan online juga bisa dicoba lho. Menjadi dropshipper atau reseller dari sebuah on-line shop yang sudah besar atau memiliki model produk sendiri. Kelebihan menjadi dropshipper atau reseller ini, kita tidak perlu bingung dengan modal awal, tidak perlu ribet packing barang, dan tidak perlu mengantar atau menunggu ekspedisi untuk choose-up barang. Barang-barang yang dijual pun bervariasi, kita tinggal jeli melihat dan memanfaatkan peluang. Misalnya saja, memanfaatkan momen Ramadan ini dengan menjadi dropshipper atau reseller baju-baju untuk hari raya atau kue-kue kering untuk lebaran.

Tips mencari penghasilan di tengah pandemik

Semakin menarik foto yang kamu pajang di situs web, maka semakin banyak orang-orang yang ingin mengunjungi restoran pribadi kamu. Bagi kamu yang sukatravelling, pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu tekuni. Trik sederhana menjadi seorang pemandu lokal atautour guideyaitu menjual pengalaman, bukan rencana perjalanan dan omong kosong yang tidak tahu dasarnya dari mana.

Tapi, jangan lupa untuk memperbaharui portofolio agar lebih dipercaya dan mendapatkan banyak klien. Lebih baik manfaatkan waktu dengan lebih produktif yang bisa menghasilkan uang, yaitu kerja sampingan dengan jadi freelancer atau bisnis. Siapa tahu, dari usaha kecil yang dilakukan sekarang, suatu hari nanti bisa berkembang dan meraup omzet besar.

Nah, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membangun bisnis. Akan tetapi, umumnya bisnis memang memerlukan modal awal untuk menjalankannya. Bagi sebagian orang, belajar dari rumah mungkin terasa lebih nyaman dan fleksibel.

Modal tersebut juga bisa membuat kamu berpeluang mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp2 juta. Kalau dibuat estimasinya, cukup modal Rp10 juta, kamu sudah bisa memiliki jasa cuci motor sederhana. Dari modal ini, kamu bisa mengalokasikannya untuk sewa tempat Rp2 juta, Rp5 juta untuk membeli peralatan, dan Rp3 juta untuk gaji seorang pegawai dan biaya operasional. Punya impian yang masih belum kesampaian karena gaji pas-pasan? Jika sudah mendapat banyak penonton, kamu memiliki kesempatan untuk memonetisasi channel YouTube. Dari sinilah, iklan akan muncul di video dan dapat menghasilkan uang.