29 Nakes Lansia Kota Blitar Terima Vaksinasi Covid

29 Nakes Lansia Kota Blitar Terima Vaksinasi Covid

Hal senada disampaikan Ketua Komnas PP KIPI Profesor Dr. dr. Hindra Irawan Satari, Sp. A, M. TropPaed yang mengatakan kesadaran masyarakat lansia cukup baik karena mengetahui masuk dalam kelompok rentan. Namun sayangnya terkadang justru dari keluarga yang tidak mengizinkan lansia untuk divaksinasi. “Kami melihat keinginan dan semangat mereka dalam menerima vaksin alhamdulillah cukup tinggi.

“Kalau standing gizinya baik dan pola hidupnya sehat, kekebalan tubuh lansia akan semakin kuat sehingga vaksin influenza untuk lansia menjadi lebih efektif,” jelasnya dalam wawancara bersama tim Hello Sehat. Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia, Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD, K-Ger, menyatakan bahwa standing gizi lansia terbukti memegang KKG628 Slot peran penting dalam menunjang efektivitas vaksin influenza. Pada dasarnya, tidak ada syarat spesifik bagi lansia untuk memperoleh vaksin influenza. Orang tua yang hendak memperoleh vaksin hanya harus menjaga kesehatannya dan selalu menjalankan gaya hidup sehat. Sebelum menjalani vaksin, lansia serta keluarga perlu mengetahui dua hal penting berikut ini.

Vaksinasi bagi Lansia

Dari kedua mekanisme tersebut kemudian dinas kesehatan atau pun instansi penyelenggara vaksinasi akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia. Kebijakan memprioritaskan penduduk kelompok usia lanjut ini tidak serta merta dibarengi dengan partisipasi yang tinggi oleh kelompok lansia sendiri. Banyak kasus di lapangan yang menunjukkan bahwa sejumlah lansia takut dan ragu untuk menerima vaksin karena faktor komorbid atau penyakit bawaan, sehingga khawatir akan efek buruk yang terjadi setelah menerima vaksin. Selain itu kendala lain yang menghambat partisipasi vaksinasi lansia adalah kurang jelasnya informasi pendaftaran dan lokasi vaksinasi yang jauh sehingga menyulitkan lansia untuk datang. Di satu sisi pendaftaran secara on-line menjadi lebih praktis dan dapat menjangkau daerah yang lebih luas.

Diharapkan kakek Safaruddin bisa menggunakan motor untuk vaksinasi dosis kedua. “Tidak dapat information dari mana-mana, pokoknya vaksin melindungi dari COVID-19. Ini prinsip saya saja. Anak saya 6, Pak, 3 putra dan three putri, sudah divaksin,” lanjut kakek Safaruddin. Pendaftaran vaksinasi Covid-19 hanya dapat dilakukan satu kali oleh NIK yang sama. Salah satunya, cerita dari seorang pria lansia di Makassar yang rela mengayuh sepeda sepanjang 15 km untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Dimulai pada 13 Januari 2021, vaksinasi Covid-19 pertama dengan menggunakan Sinovac diterima oleh Presiden Jokowi di Istana negara. Program vaksinasi Covid-19 masih terus digenjot Pemerintah Indonesia di berbagai daerah.

Dengan adanya vaksinasi lansia ini, maka strategi ini harus segera dilaksanakan, karena ini akan sangat membantu,” terang dr. H. Dalam menghadapi kondisi masyarakat kita yang sangat heterogen, tentunya dibutuhkan strategi khusus untuk menjangkau masyarakat. Penyebaran informasi melalui berbagai bentuk saluran komunikasi baik yang melibatkan media massa maupun komunikasi interpersonal dan sistem sosial penting untuk tetap dilakukan.

Suara.com – Orang lanjut usia di atas 60 tahun sudah bisa melakukan vaksinasi Covid-19 sejak pekan kemarin dengan terlebih dahulu mendaftar melalui Puskesmas atau rumah sakit pemerintah. Kementerian Kesehatan menargetkan 21,5 juta orang lansia bersama 17,4 pekerja publik yang akan disuntik vaksin hingga Mei 2021. Hingga saat ini, pemerintah terus mengupayakan pelaksanaan program vaksinasi secara optimum. Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit percepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan goal 1 juta dosis per hari. Untuk mengejar goal tersebut diperlukan pemanfaatan pos pelayanan vaksinasi dan optimalisasi Unit Pelaksana Teknis Vertikal Kementerian Kesehatan.

Akibat capaian vaksinasi lansia rendah, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie akhirnya mengeluarkan kebijakan baru untuk mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Gorontalo. Pos vaksinasi hingga level desa/kelurahan bertujuan mendekatkan lansia ke lokasi penyuntikan vaksin. Vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia atau lansia di Kota Surabaya, yang semula ditargetkan sampai Mei diperpanjang hingga akhir Juni 2021. Kelompok lanjut usia adalah kelompok yang rentan terkena COVID-19 dan infeksi lainnya termasuk pneumonia. Maka dari itu, lansia membutuhkan vaksinasi untuk mencegah infeksi-infeksi tersebut. Selain via SMS, kini lansia juga bisa mendaftar lewat reserving “Cari Dokter” di website maupun aplikasi ALODOKTER untuk mendapatkan vaksin free of charge dengan layanan drive through.

Selanjutnya pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Adapun contoh organisasi dan institusi yang dapat menyelenggarakan vaksinasi misalnya seperti organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri atau Veteran Republik Indonesia. Saat ini 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi. Vaksinasi ini akan fokus di provinsi yang ada di Jawa – Bali sehingga vaksinasi ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi vaksin yang ada saat ini. Selain itu, draf yang mengatur pelaksanaan booster itu juga merujuk pada sejumlah studi yang menyatakan perlindungan vaksin memudar seirin waktu, sehingga penting bagi masyarakat rentan untuk mendapatkan suntikan dosis ketiga.

Comments are closed.